Lulus Kuliah di Luar Negeri, lalu..?

Dahulu, saya melihat pilihan orang-orang setelah sekolah di luar negeri ada dua : memutuskan menetap di negara tersebut (bisa juga di negara yang lain) atau back for good alias pulang kampung (secukupnya bekerja dulu di luar baru setelah siap balik ke Indonesia).

Ada beberapa orang kenalan saya, yang kebetulan memilih dua jalan berbeda. Saya ambil sampel yang umum dan menarik.

Yang tetap tinggal di luar negeri, biasanya karena sudah dapat pekerjaan yang cukup untuk menghidupi diri. Bisa karena menikah dengan pasangan warga setempat (kebanyakan cewek) atau menikah dengan orang Indonesia lalu diajak ikut tinggal di luar. Keputusan untuk memilih hidup di negara asing meninggalkan sanak saudara memang nggak mudah. Apalagi bila kemudian ada keputusan pindah warga negara. Motivasi terbesar umumnya (selain masalah hati) adalah demi mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Yang back for good, karena pilihan sendiri (bukan karena keterpaksaan atau terikat perjanjian). Beberapa cukup idealis. Salah satunya seorang kenalan yang aktif di organisasi sosial. Dia punya passion besar untuk bisa pulang dan lebih banyak berguna bagi masyarakat negara sendiri.

Intinya goal semua orang di atas sama yaitu mengubah kualitas hidup. Beda lokasi negara saja dan beda jumlah yang ingin diubah.

Kalau yang pertama, mungkin targetnya sederhana, sebatas diri dan keluarga. Ketika jadi imigran atau ex-pat, biasanya tujuan nggak muluk-muluk dulu, minimal bisa dapat ijin kerja untuk bertahan hidup tinggal di luar. Ibarat naik tangga, harus mulai dari bawah dulu. 🙂

Sementara yang kedua, karena mulainya di Indonesia, selama masih rajin memelihara jaringan dan koneksi, bisa mulai dari tengah atau langsung melejit ke atas (kecuali fresh graduate).😀

Baca : gegar budaya balik

Mungkin pembaca ada yang bertanya-tanya. Itu kan mereka! 😠Kamu sendiri bagaimana? Idih. GR aja kayak ada yang bakal nanya! Wkwk🤣

Jreng..jreng…! Drumroll….

{{{Well, I believe in the future of Asia}}

Bagaimana ceritanya?

Itu adalah tema pos berikutnya! 😀

Baca : Pandangan Kawan Prancis tentang Asia

Gambar : pixabay.com


2 thoughts on “Lulus Kuliah di Luar Negeri, lalu..?

  1. Dulu, aku LBH milih utk lanjut kerja di Malaysia setelah lulus kuliah di sana sebenernya :). Tp ortu ga izinin. Ya sudah, aku balik :). Serem juga kalo restu ga kluar malah terlunta2 ntr hahahah.

    Tp setelah kerja di sini, ga nyesel kok. Krn memang bener mba, masih banyak kesempatan di Indonesia ini. Lagian dengan budayanya yg sudah kita pahami, akan LBH nyaman jg kerja nya 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s